Skip to content

PENGERTIAN PENGOLAHAN KUANTITATIF — Teknik pengolahan data kuantitatif merupakan metode yang digunakan untuk mengolah data yang bersifat numerik atau angka. Teknik ini digunakan dalam penelitian yang mengandung objektivitas. Teknik pengolahan data kuantitatif dibagi menjadi dua yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. 

PENGERTIAN PENGOLAHAN KUALITATIF —Teknik pengolahan data kualitatif merupakan metode yang digunakan untuk mengolah data yang bersifat narasi atau teks. Teknik ini biasanya digunakan dalam penelitian yang mengandung subjektivitas. Teknik analisis kualitatif dibagi menjadi tiga yaitu analisis konten, analisis wacana, dan analisis naratif.

TEKNIK PENGUMPULAN DATA KUALITATIF — Dibedakan menjadi lima, sebagai berikut:

  1. Wawancara(interview) adalah suatu kejadian atau suatu proses interaksi antara pewawancara (interviewer) dan sumber informasi atau orang yang di wawancarai (interviewee) melalui komunikasi langsung.
  2. Observasi dalah bagian dalam pengumpulan data. Observasi berarti mengumpulkan data langsung dari lapangan.
  3. Metode Dokumentasi Metode dokumentasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan untuk menelusuri data historis. Dokumen tentang orang atau sekelompok orang, peristiwa, atau kejadian dalam situasi sosial yang sangat berguna dalam penelitian kualitatif.
  4. Angket (Questioner) Angket memiliki fungsi serupa dengan wawancara, hanya berbeda dalam implementasinya.
  5. Forum Group Discussion (FGD) 
    FGD menurut Kitzinger dan Barbour (1999) adalah melakukan eksplorasi suatu isu atau fenomena khusus dari diskusi suatu kelompok individu yang berfokus pada aktivitas bersama diantara para individu yang terlibat didalamnya untuk menghasilkan suatu kesepakatan bersama.

TEKNIK PENGUMPULAN DATA KUANTITATIF — Terdapat dua jenis metode, yaitu:

  1. Metode Survei adalah metode penelitian yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data.
  2. Metode Eksperimen adalah metode penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab-akibat (kausalitas) antara satu variabel dengan lainnya (variabel X dan variabel Y).

English
Exit mobile version